Jumat, 11 Mei 2012

Pembatalan E-Mail yang Tak Terduga

E-mail dari Amazon yang tak terduga ~ Jika Anda menerima e-mail tentang pembatalan perintah dengan nomor urut 8-digit, e-mail yang Anda terima bukan dari Amazon.com. Amazon menyarankan Anda menghapus e-mail. Tidak perlu untuk melaporkan kepada Amazon.


Apakah ini e-mail dari Amazon? ~ Anda kadang-kadang dapat menerima scam e-mail dari seseorang berpura-pura menjadi Amazon. Pesan ini disebut email "phishing". Seringkali e-mail berisi link ke situs Web yang tampak seperti Amazon.com tetapi tidak dikontrol oleh Amazon. Website ini akan meminta username dan password Amazon Anda atau mencoba untuk menginstal perangkat lunak yang tidak diinginkan pada komputer Anda dalam upaya untuk mencuri informasi pribadi Anda atau mengakses komputer Anda. Pesan tersebut juga termasuk lampiran, yang biasanya berisi perangkat lunak yang tidak diinginkan disebut "malware." Jika Anda menerima pesan seperti ini, Cukup dengan menghapusnya saja, maka informasi dan komputer aman.

Amazon menganggap keamanan dan privasi Anda dengan sangat serius. Karena informasi yang diperoleh melalui e-mail phishing kemudian dapat digunakan untuk melakukan penipuan, Amazon ingin membantu Anda mempelajari bagaimana cara mengidentifikasi jenis pesan dari pesan nyata yang berasal dari Amazon dan bagaimana melindungi sistem anda.
  • Menangani E-mail yamg Mencurigakan
  • Mengidentifikasi E-mail dari Amazon
  • Melaporkan Phishing atau Spoofed E-mail ke Amazon
  • Melindungi Sistem Anda
Menangani E-mail yang Mencurigakan ~ Yang terpenting untuk diingat adalah jangan membuka lampiran yang tidak diminta yang mengaku berasal dari Amazon.

Amazon tidak akan mengirimkan
e-mail lampiran kepada Anda. Jika Anda menerima e-mail yang mengatakan berasal dari Amazon namun memiliki lampiran, laporkan kepada pihak Amazon. Jangan klik link apapun atau membalas e-mail.

Anda juga tidak harus mengklik link dalam e-mail mencurigakan, bahkan jika e-mail tidak mengandung lampiran. Link mungkin memiliki pengenal yang memberitahu pengirim alamat e-mail Anda valid sehingga mereka dapat mengirimkan lebih banyak spam, atau situs yang mereka kunjungi mungkin mencoba untuk menipu Anda agar memberi informasi pribadi Anda (seperti password Anda) atau mencoba untuk menginstal perangkat lunak berbahaya di komputer Anda. Jika Anda telah mengklik link dalam e-mail yang mencurigakan atau membuka lampiran, Anda harus mengambil langkah untuk melindungi sistem Anda.


Mengidentifikasi E-mail dari Amazon ~ Berikut adalah beberapa cara yang dapat memberitahu Anda bahwa seperti apakah e-mail yang benar-benar dari Amazon. Jika Anda menentukan seseorang telah mengirimi Anda email menyamar sebagai Amazon, silakan buat laporan.


E-mail Phishing...E-mail Amazon.com...
Sering meminta informasi pribadi, seperti:
  • Jaminan sosial atau nomor identifikasi pajak
  • Kartu kredit, nomor PIN, atau kartu kredit kode keamanan (termasuk "update" untuk apapun di atas).
  • Nama anak ibu.
  • Kata sandi Amazon.com.
Tidak pernah meminta Anda untuk membalas dengan informasi pribadi. Kami mengumpulkan informasi pribadi hanya melalui website Amazon.com
E-mail yang meminta Anda untuk membalas dengan password atau nomor jaminan sosial adalah e-mail phishing.
Meminta Anda untuk memverifikasi informasi rekening melalui link dalam e-mail. Memberikan petunjuk tentang cara untuk memverifikasi informasi rekening melalui website Amazon.com.
Terkadang mengandung lampiran yang tidak anda inginkan.
Tidak mengandung lampiran yang tidak diminta.
Cenderung mengandung banyak kesalahan tata bahasa dan kesalahan ketik. Mengoreksi, sampai kepada kesalahan ketik dan kesalahan tata bahasa yang tidak umum.
Link ke situs mengatakan mereka Amazon.com, namun lokasi tidak mulai dengan "http://"sesuatu ".amazon.com." Link ke situs yang dimulai dengan  "http://"sesuatu."amazon.com."

Contoh:

  • http://www.amazon.com
  • https:// payments.amazon.com
  • http://sellercentral.amazon.com
Perhatikan kata sebelum "amazon.com" pada situs yang sah. Situs seperti "payments-amazon.com" sebenarnya bukan dari Amazon.

Amazon tidak pernah menggunakan alamat IP (string angka) diikuti dengan direktori, seperti "http://123.456.789.123/amazon.com/"
 
Cara paling mudah untuk memverifikasi apakah sebuah konfirmasi pesanan atau e-mail ini meminta Anda untuk memperbarui metode pembayaran Anda benar-benar dari Amazon adalah untuk memeriksa Account Anda di Amazon.com.

Jika pesan konfirmasi order:

  1. Pergi ke Amazon.com dengan mengetik www.amazon.com ke browser web Anda (jangan klik link dalam e-mail itu sendiri).
  2. Klik Your Account di sudut kanan atas situs amazon.com.
  3. Kunjungi Your Orders dan melihat apakah ada urutan yang sesuai dengan rincian untuk satu di e-mail.

Jika tidak sesuai pesanan, pesan tersebut bukan dari Amazon.

Jika pesan meminta Anda untuk memperbarui metode pembayaran:

  1. Pergi ke Amazon.com dengan mengetik www.amazon.com pada browser web Anda (jangan klik link dalam e-mail itu sendiri).     
  2. Klik Your Account di sudut kanan atas situs amazon.com.
  3. Kunjungi Manage Payment Options di bagian Pembayaran.

Jika Anda tidak diminta untuk memperbarui metode pembayaran Anda pada layar itu, pesan tersebut bukan dari Amazon.


Melaporkan Phishing atau Spoofed E-mail ke Amazon ~ Amazon mengambil upaya mengenai phishing dan spoofing pada pelanggan dengan sangat serius. Jika Anda masih tidak yakin apakah e-mail dari Amazon, atau Anda ingin melaporkan bahwa Anda menerima e-mail phishing, silahkan hubungi pihak yang bersangkutan di sini. Bentuk kontak-kami meminta Anda untuk memilih baris subjek yang paling sesuai dengan situasi Anda sehingga Amazon dapat mengarahkan pesan ke bagian yang benar secepat mungkin:
  • "Saya melaporkan e-mail palsu": Pilih subjek ini jika Anda menerima e-mail yang Anda tahu adalah penipuan dan Anda hanya ingin melaporkannya kepada kami.
  • "I received a suspicious e-mail, is it from Amazon.com?:" Pilih subjek ini jika Anda menerima e-mail yang terlihat seperti itu adalah dari Amazon.com, namun Anda masih bertanya-tanya apakah itu benar-benar dari Amazon.
  • "I am concerned about my Seller Account": Pilih subjek ini jika rekening Amazon.com Anda sudah diatur untuk menjual item di Amazon Marketplace dan Anda telah menyadari bahwa semua jenis kegiatan yang mencurigakan di Account Anda, atau Anda mengklik melalui e-mail yang mencurigakan dan memasukkan informasi pribadi.
  • "I am concerned about my Customer Account": Pilih subjek ini jika Anda menanggapi e-mail phishing, memasukkan informasi pribadi Anda pada website palsu, dan Anda telah memperhatikan kegiatan yang mencurigakan di Account Anda seperti perubahan password atau pembelian yang tidak Anda lakukan. Hanya menggunakan pilihan ini jika Anda belum pernah menjual sesuatu di Amazon Marketplace, jika tidak pilih "I am concerned about my Seller Account."

0 komentar:

Posting Komentar